Tugas 1 Kelas C
PENGERTIAN
KOMPUTER
&
KOMPUTER
DARI KALKULASI HINGGA KOMUNIKASI
Nama : Edwardo Nelwan
No.Stambuk
: F 551 13 090
PROGRAM
STUDI S1 INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK JURUSAN ELEKTRO UNIVERSITAS TADULAKO 2013
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
rahmat serta karunia-NYA kepada saya, sehingga saya berhasil menyelesaikn Tugas Makalah ini dengan tepat waktunnya yang berjudul “ Pengertian Komputer & Komputer Dari Kalkulasi Hingga Komunikasi “.
Makalah ini berisi tentang pembahasan judul di atas sehingga dapat menambah wawasasan ilmu pengetahuan untuk pembaca dan khususnya saya.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, Oleh karna itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
rahmat serta karunia-NYA kepada saya, sehingga saya berhasil menyelesaikn Tugas Makalah ini dengan tepat waktunnya yang berjudul “ Pengertian Komputer & Komputer Dari Kalkulasi Hingga Komunikasi “.
Makalah ini berisi tentang pembahasan judul di atas sehingga dapat menambah wawasasan ilmu pengetahuan untuk pembaca dan khususnya saya.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, Oleh karna itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Palu, September 2013
DAFTAR
ISI
Kata
pengantar…………………………………………………………………………………………………
Daftar isi……………………………………………………………………………………………………………
Bab 1 Pengantar Teknologi Informasi
A. Pengertian Komputer……………………………………………………………………………… 4
B. Manfaat komputer…………………………………………………………………………………. 10
C. Hubungan komputer dengan informasi………………………………………………… 14
Bab 2 Komputer Dari Kalkulasi Hingga Komunikasi
A. Hidup Tanpa Komputer…………………………………………………………………………… 15
B. Mesin Proses Informasi…………………………………………………………………………… 16
C. Klasifikasi / Pengelompokan Komputer…………………………………………………. 17
D. Revolusi Internet……………………………………………………………………………………. 21
Kesimpulan…………………………………………………………………………………………………. 22
Daftar Pustaka……………………………………………………………………………………………. 23
Daftar isi……………………………………………………………………………………………………………
Bab 1 Pengantar Teknologi Informasi
A. Pengertian Komputer……………………………………………………………………………… 4
B. Manfaat komputer…………………………………………………………………………………. 10
C. Hubungan komputer dengan informasi………………………………………………… 14
Bab 2 Komputer Dari Kalkulasi Hingga Komunikasi
A. Hidup Tanpa Komputer…………………………………………………………………………… 15
B. Mesin Proses Informasi…………………………………………………………………………… 16
C. Klasifikasi / Pengelompokan Komputer…………………………………………………. 17
D. Revolusi Internet……………………………………………………………………………………. 21
Kesimpulan…………………………………………………………………………………………………. 22
Daftar Pustaka……………………………………………………………………………………………. 23
Pengertian
komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis
kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer
elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas
seperti “komputer” adalah “yang
memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”
1. Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya
menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai
angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi
yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai
macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali – memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer,
dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat – dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen-
ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
2. Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan
dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan
juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahanarahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan
menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
3. Input dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah)
informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer
digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
4. Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya
mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456″, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345″.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail
pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
5. Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama – mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi,
beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran
ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan
sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai.
Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
6. Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari
perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, “programmer.”
“Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (timeslice).
Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan
memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
membagikan
7. Sistem operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam
kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
8. Penggunaan Komputer
Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan
perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II.
Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk
mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia – misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara
mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan
industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah,
membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil).
Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
9. Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras
(hardware).
Perangkat keras
• Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
• Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
• Hard drive, media penyimpanan semi permanen
• Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh
CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
• Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan
CPU, seperti monitor dan printer
Perangkat lunak
• Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem
operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
• ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
• AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
• IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
• USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
10. Jenis komputer
• Komputer analog
• Komputer pulsa
• Mikrokomputer
o Komputer rumah (home computer)
o Komputer pribadi (PC)
o Server
• Minikomputer
• Mainframe computer
• Superkomputer
PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT
1.1 PENDAHULUAN
1.1 PENDAHULUAN
Tanpa kita sadari, komputer telah berperan
di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang
berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk
tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain
sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah
kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas
dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Para ahli-ahli fisika, elektronika dan
komputer telah mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah
semacam itu banyak digunakan sebagai bagian pengendali dari produk tenaga lain
seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer
pribadi dan hal ini terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Komputer pada saat ini banyak digunakan
sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai
siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau
pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah
banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit
dan lain sebagainya.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai
alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi
yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat
dicontoh berikut ini :
• Penyiapan surat-menyurat sampai dengan
penyimpanan arsip dikantor.
• Pembuatan film dalam bidang animasi dan
efek-efek 3 dimensi
• Pencarian buku berdasarkan judul buku dan
nama pengarang di perpustakaan
• Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan
medis pada rumah sakit.
• Pemesanan tiket peswat terbang pada
perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
• Administrasi negara seperti administrasi
data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain
sebagainya.
• Penggunaan komputer dalam bidang
industri.
Beberapa contoh diatas merupakan sedikit
contoh pemanfaatan komputer di berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang
lain yang belum disebutkan. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru
tidak selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk
tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat dilakukan
dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat.
1.2 Beberapa Aplikasi Penting
1.2 Beberapa Aplikasi Penting
Komputer merupakan penemuan yang sangat
penting dan mendasar. Komputer tidak hanya membantu melaksanakan pekerjaan akan
tetapi mengubah cara kerja dan sekaligus menimbulkan tantangan dan permasalahan
baru dalam lingkungan.
1.2.1 Mobil Pandai
Pengolah mikro telah dimanfaatkat untuk
meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil. Misalnya pada tahun
1985, oldsmobile dari US telah menerapkan sistem kendali berbasis pengolah
mikro pada produknya. Pengolah mikro mendapatkan masukan data dari beberapa
sumber, seperti :
• Meter pompa injeksi (beban mesin)
• Alternator (putaran mesin/menit)
• Sistem pendinginan mesin
• Sensor tekanan absolut untuk memantau
sirkulasi dan pembuanagan gas
• Gigi transmisi
Data masukan tersebut diolah oleh pengolah
mikro untuk mengadakan tindakan pencegahan agar mesin tidak terlalu panas,
memantau putaran mesin, beban mesin dan penggunaan gigi transmisi yang tepat
dan sesuai dengan kebutuhan.
1.2.2 Perpustakaan Elektronik
Ruang dan waktu merupakan dua permasalahan
utama yang dihadapi oleh Perpustakaan dewasa ini. Biaya yang diperlukan untuk
menyimpan buku, majalah, jurnal, surat kabar dan
makalah terus membengkak. Disamping hal
itu, beban petugas perpustakaan untuk melayani pembaca untuk menemukan bahan
bacaan yang diperlukan semakin hari semakin berat karena jumlah bacaan yang
semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan lambatnya pelayanan.
Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan
bantuan komputer. Komputer pada sat ini sudah mampu menggantikan katalogdan
berdaya tampung besar. Sistem basis data jugatelah berkembang sehingga mampu
untuk mengelola data dalam jumlha yang amat besar. Kemajuan dalam tekhnik
pencarian kembali informasi telah memungkinkan dilakukan pencarian kembali
informasi dalam waktu yang singkat.
Perkembangan tekhnik pencetakan dengan
bantuan komputer membuaka nuansa baru dalam penyimpanan informasi. Buku atau
majalah yang dicetak selalu diolah dan diperiksa ulang dengan komputer,
sehingga informasi elektronis dapat diperoleh secara langsung.
1.2.3 Pengendalian Lalu-lintas Udara
Lalu-lintas udara merupakan lalu-lintas
yang paling rawan dalam kehidupan manusia, walaupun di indonesia jumlah
penerbangannya masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara maju.
Walaupun demikian pengendalian lalu-lintas udara sudah dilaksanakan secara
modern, dilakukan dengan peralatan canggih berbasiskan komputer. Hal ini
dilakukan karena kelalaian dalam pengendalian lalu-lintas udara akan berakibat
fatal.
1.2.4 Pengolahan Data Cuaca
Data cuaca dikumpulkan dari ratusan atau
bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau di bumidan diangkasa. Data ini
disalurkan melalui saluran telekomunikasi internasional ke pusat pengolahan
data cuaca. Untuk memembentuk model peraamalan cuaca lokal.
1.2.5 Permainan Video
Permainan ini cepat sekali mendapat pasaran
dan terutama sekali di gemari oleh generasi muda. Berbagai jenis permainan yang
belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan. Tempat permainan tersebar
dimana-mana di pusat-pusat perbelanjaan, rekreasi atau di dekat-dekat sekolah.
Sehingga anak-anak muda mulai melupakan
kewajibannya sebagai murid atau sebagai anggota masyarakat.Para pendukung
permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik dan meningkatkan
koordinasi antara mata dan tangan. Ada sementara pendapay yang mengatakan bahwa
anak muda yang menyukai permaianan video mereka akan tertarik dengan komputer
dan pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak
digunakan untuk permainan dari pada pemrogramman
HUBUNGAN KOMPUTER DENGAN TEKNOLOGI
INFORMASI
Sistem informasi adalah aplikasi komputer
untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan
perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen
adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen.
Teknologi Informasi dilihat dari kata
penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi
adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian
pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya, dan
* lebih lama penyimpanannya.
Hubungannya ya sama-sama bergerak di bidang
informasi (pengolahan)
materi referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_info…
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_i…
HIDUP TANPA KOMPUTER
Ketergantungan manusia terhadap teknologi
semakin tidak bisa dibantah. Itu bisa dilihat dari hasil survei baru yang
disponsori Microsoft yang mengungkapkan bahwa 1 dari 4 warga Inggris mengklaim
bahwa komputer mereka adalah “barang yang paling tak tergantikan dalam hidup
mereka”.
Sementara, sepertiga responden lainnya
mengatakan bahwa mereka menggunakan komputer lebih dari dua jam di malam hari,
meskipun mereka juga telah memakainya sepanjang hari untuk keperluan pekerjaan.
Satu dari tujuh responden bahkan mengklaim
bahwa salah satu cara ideal menghabiskan malam mereka adalah menjelajah dunia
maya sambil menyesap segelas anggur.
Lebih lanjut, jajak pendapat yang terhadap
sekira dua ribu responden ini pun mengungkapkan bahwa 14 persen warga Inggris
menilai laptop mereka sebagai bagian dari aksesoris pakaian.Sedangkan 25 persen
mengatakan bahwa komputer mereka lebih menggambarkan kepribadian mereka
ketimbang pakaian.
“Arti PC bagi konsumen saat ini sama
seperti nilai mobil di abad 20,” papar ahli futurologi Dr Rachel Lawes seperti
dikutip Telegraph, Senin (11/7/2011).
Sekira 68 persen responden serta 78 persen
responden berusia 18 hingga 24 tahun mengaku lebih suka memiliki PC ketimbang
televisi. Enam dari 10 responden bahkan rela menukar perangkat audio mereka
dengan perangkat berbasis komputer dalam kurun tiga tahun ke depan.
MESIN PROSES INFORMASI
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central
processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna
komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau
peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan
storage untuk melaksanakan instruksi yang saling terkait.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid
Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia
menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu
(IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic
Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti
pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan
logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi
sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang
sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini
yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan
mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan
perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit
ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program komputer.
Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer
Komputer Berdasarkan Data yang Diolah
Komputer Analog
Komputer ini merupakan komputer yang
digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan
pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan
adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk
mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk
melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan
cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.
Komputer Digital
Komputer ini merupakan komputer yang
kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa
data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat
kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
Komputer Hybrid
Merupakan komputer yang memiliki kemampuan
dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan
untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan
perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan
sebaliknya.
Komputer Berdasarkan Penggunaanya
Special Purpose Computer
Special purpose computer berarti komputer
untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu
masalah tertentu.
Perangkat yang ada pada komputer ini, baik
komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk
keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada
langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer
yang digunakan untuk kasir pada supermarket.
General Purpose Computer
Merupakan komputer yang dibuat untuk
keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk
mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya.
Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.
Komputer Berdasarkan Skala Kemampuannya
Berikut ini kategori komputer yang dilihat
berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan
aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus
pada saat bersamaan.
Small Scale Computer
Komputer skala kecil, merupakan komputer
yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke
dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya
digunakan oleh satu orang pada satu saat.
Medium Scale Computer
Komputer untuk skala menengah. Komputer
yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya
melayani penggunanya pada dumb terminal .
Large Scale Computer
Komputer untuk skala besar. Komputer yang
termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut
dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software
yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan
kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.
Klasifikasi Komputer
Klasifikasi komputer terbagi atas enam,
yaitu:
1. Microcontroller
Microcontroller memiliki semua peralatan
pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya
adalah:
* pemroses (processing)
* Memori,
* Input dan output
Kadangkala pada microcontroller ini
beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat
ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang
diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Jika
dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan
dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini
diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan
mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.
2. Microcomputer
Komputer ini khususnya digunakan untuk
single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi
(personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu
berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di
rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.
3. Engineering Workstation
3. Engineering Workstation
Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan
dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan
aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan
penyelesaian pekerjaannya.
Aplikasi yang digunakan lebih cenderung
kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga
dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk
komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk
melakukan perancangan gambar teknik.
4. Minicomputer
Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak
pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini
artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai
sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya
bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini
tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam
waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem
yang digunakan. Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses,
bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang
termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung
digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada
perusahaan besar.
5. Mainframe
Pada tahap awal mulainya era komputerisasi,
mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe
ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini
mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya
umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang
membutuhkan pengolahan yang cukup berat.
6. Supercomputer
Komputer ini merupakan komputer yang
powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk
penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus
untuk menjalankan tugasnya.
REVOLUSI INTERNET
Akhir-akhir ini banyak sekali informasi
atau berita teknologi yang menjelaskan tentang domain baru, revolusi domain
saya menyebutnya. Kenapa? Kenapa karena semua perusahaan besar seperti google,
axis, amazon, dan beberapa perusahaan terkenal dunia menginginkan nama domain
dengan nama perusahaan mereka. Contoh: namadomain.google, hal tersebut memang
membawah revolusi baru untuk nama domain.
Perubahan nama domain tersebut menjaidi
sesuai dengan keingginan kita merupahkan hal yang sangat mahal, bayangkan saja
Google rela membayar 172 Miliyar untuk domain-domain mereka. Wa, harga yang
sangat fantastis bukan. Memang benar untuk satu buah nama domain saja harganya
sekitar Rp 1,7 miliar. Bayangkan jika dengan uang sekitar Rp 1,7 miliar Anda
bisa memberi ribuan domain .com .org .co .us dan domain lainnya, bahkan mungkin
untuk dapat jutaan domain Indonesia .web.id he…he…
Perkembangan domain di dunia memang akan
membawah perubahan yang sangat penting bagi industri internet, namun ada hal
lain yang perlu disikapi dengan perubahan ini. Facebook saja sebagai jejaring
sosial masih tenang dan nyaman dengan domain .com nya. Entah apa yang sedang
menjadi strategi untuk facebbok dalam menanggapi perebutan domain di dunia ini,
yang jelas facebook sangat santai dan tenang.
Kita tunggu saya realisasi domain istimewa
tersebut yang akan memberikan dampak global didunia internet. Indonesia juga
seharusnya bisa mewujudkan nama domain .id untuk menjadikan rasa bangga
mengunakan domain .id, ayo PANDI semangat untuk wujudkannya.
KESIMPULAN
Komputer adalah serangkaian ataupun
sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen
yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi
dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian
pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang
diberikan kepadanya.
Manfaat komputer di masyarakat, Komputer
pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis
data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai,
perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi
pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi
tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.
Hidup tanpa komputer, Ketergantungan
manusia terhadap teknologi semakin tidak bisa dibantah. Itu bisa dilihat dari
hasil survei baru yang disponsori Microsoft yang mengungkapkan bahwa 1 dari 4
warga Inggris mengklaim bahwa komputer mereka adalah “barang yang paling tak
tergantikan dalam hidup mereka”.
Revolusi internet, Perkembangan domain di
dunia memang akan membawah perubahan yang sangat penting bagi industri
internet, namun ada hal lain yang perlu disikapi dengan perubahan ini. Facebook
saja sebagai jejaring sosial masih tenang dan nyaman dengan domain .com nya.
Entah apa yang sedang menjadi strategi untuk facebbok dalam menanggapi
perebutan domain di dunia ini, yang jelas facebook sangat santai dan tenang.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar